10 Jagoan untuk Pilkada Jember dari IKA PMII

10 Jagoan untuk Pilkada Jember dari IKA PMII

Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Kabupaten Jember merilis sepuluh nama, untuk dikandidatkan sebagai bakal calon Bupati Jember tahun 2020 mendatang.

Adapun nama -nama yang muncul adalah Syaiful Bahri Anshori DPR RI dari PKB, Muhammad Nur Purnamasidi DPR RI dari Partai Golkar, Ahmad Hadinuddin DPRD Jatim dari Partai Gerindra.

Muncul juga nama Saman Hudi pengurus Partai Nasdem, Emi Kusminarni Ketua Muslimat NU Jember, Dwi Rubiyanti Kholifah aktivis Asian Muslim Action Network.

Begitupun aktivis difabel Kusbandono, Anis Hidayah aktivis Migran Care, Muhammad Muslim pegawai Kemenag, dan Akhmad Taufiq dosen Universitas Jember juga muncul dalam rilis itu.

Kesepuluh nama itu, merupakan hasil rapat pimpinan bersama 31 pengurus kecamatan yang bertempat di SMK Islam Bustanul Ulum, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur,  pada Minggu (22/9/2019).

“Pilkada  bagi IKA PMII adalah ruang strategis untuk memperjuangan hadirnya pemimpin daerah yang adil dan mampu memberikan perlindungan pada kelompok masyarakat miskin dan lemah, pemimpin yang mampu menghadirkan kebijakan inklusif,” ujar Ketua Bidang Politik, Demokrasi, dan Kebijakan IKA PMII Jember, Muhamad Hadi Makmur.

Dia meyakini, bahwa kader-kader alumninya yang diajukan tersebut memiliki kapasitas dan integritas sehingga layak jadi Bupati Jember berikutnya.

“Untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Mereka  tersebar  secara nasional dan lokal dengan profesi yang beragam mulai dari politisi, NGO, ormas dan akademisi,” dalihnya.

Makmur menegaskan, keputusan IKAPMII Jember itu, sudah final untuk mengusung dan mendukung mereka.

“Kesepuluh nama itu bukan hanya karena PMII, tapi juga karena mereka itu bagian dari umat Nahdlatul Ulama,” sebutnya.

Kendati IKA PMII bukan partai politik, Makmur berlasan telah memiliki modal kuat sebagai mesin gerakan politik.

“Secara kelembagaan  memiliki perangkat pengurus kecamatan yang tersebar di 31 kecamatan di jember. IKAPMII jiga  memiliki jejaring dan hubungan strategis dengan kelompok-kelompok organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, ormas keagaamaan  khususnya NU dan tokoh-tokoh masyarakat lokal maupun nasional,” urainya. 

Jika salah seorang dari sepuluh nama itu menjadi calon Bupati Jember, pihaknya menekankan untuk bisa mengusung visi misi pembangunan Jember yang lebih baik.

“Pemimpin Jember kedepan juga harus secara nyata bisa menangani permasalahan kesejahteraan sosial (PMKS) seperti kemiskinan, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan juga ketidakramahan terhadap difabel,” pungkasnya.

Sumber: suaraindonesia.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *